3456

3456
Lawang Sewu

Tugu Muda Semarang

Selasa, 24 Juli 2012

RPP IPS SD KELAS IV SEMESTER I

SILABUS IPS KELAS IV SEMESTER I

Satuan Pendidik        : SD Negeri
Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester          : IV/I
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di Indonesia di lingkungan Kabupaten/Kota dan   Provinsi
.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Membaca Peta Lingkungan Setempat (Kab/Kota, Provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
1.     Kognitif
a.      Kognitif Produk
1)      Menjelaskan arti simbol-simbol pada peta (C2-konseptual)
2)      Menggambarkan/  mendeskripsikan simbol-simbol pada peta (C3-konseptual)
b.      Kognitif Proses
1)      Menyebutkan simbol-simbol pada peta (C1-konseptual)
2)      Mengidentifikasi  simbol-simbol pada peta (C1-konseptual)
2.     Afektif
1)      Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab (mematuhi aturan/ menerima)
2)      Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas (bersahabat, toleransi/ berakhlak mulia/ menghayati)
3)      Mengembangkan gagasan/ ide ketika bekerja dalam kelompok (kreatif/ membentuk/ mengelola)
4)      Menjadi ketua/ anggota yang mampu memberi motivasi kepada kelompoknya (mendukung/ menanggapi)
3.     Psikomotor
1)      Menunjukkan simbol-simbol pada peta dengan tepat (P1-konseptual)
2)      Melaporkan hasil kerja kelompok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun (menggunakan/ mempertajam/ artikulasi)

Simbol-Simbol pada Peta
1.      Siswa mengamati gambar simbol-simbol pada peta
2.      Secara berkelompok siswa melaksanakan diskusi untuk mendeskripsikan simbol-simbol pada peta
3.      Siswa melaksanakan permainan “Siapakah Aku?” dengan tertib.
ØTertulis
ØLembar Obser-vasi
1x perte-muan
(2 x 35 menit)





a.       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.      Silabus Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD
c.       Sadiman, I.S. dan Shendy Amalia. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar